Minggu, 20 Februari 2022

Kumpulan Video Pembelajaran Aplikasi Animasi Frame by Frame FlipaClip

Video RahmanCyber - FlipaClip merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat animasi frame by frame di Smartphone dan Tablet Android maupun IOS, karena FlipaClip ini tersedia di Google Playdan Appstore ya guys! tetapi disini kita buat videonya dengan Flipaclip versi android, tepatnya di Tablet Android Samsung P205.


Output dari aplikasi ini bahkan bisa video maupun animasi gif, jadi jika kamu animator atau konten kreator biasa buat animasi gif, coba deh pake Flipaclip.


Selain menggambar animasi sendiri, kita pun juga bisa roto loh, karena disini kita bisa import video ke dalam flipaclip lalu juga rotoscoping, stop motion, memasukkan audio, menggunakan layer dan kamu bisa menggunakan fungsi onion nih, sehingga lebih gampang untuk membuat gerakan animasinya.

 

 

Apakah Flipaclip ini Gratis? 

 

kamu bisa menggunakannya secara gratis, tetapi berbatas fitur dan ada watermarknya. Jika kamu ingin membuka semua fiturpun, harga aplikasi cukup murah kok... dulu tahun 2019 pas aku beli pun hanya 30ribuan...



Bagaimana Step by Step dalam membuat animasi (tanpa lipsync) di FLipaclip yang biasa saya terapkan?



1. Membuat Naskah (Konsep)


Naskah disini, karena kerja sendiri sih tidak terlalu ribet ya, yang penting poin poinnya kita paham, apa yang mau digambar juga, misal karakter, latar, objek... di deskripsikan dalam scene saja, agar dapat menyesuaikan kemampuan perangkat, sehingga nanti kita render animasi di flipaclipnya pun tidak panjang...

Karena dari pengalaman saya pribadi, semakin banyak frame, maka devicenya jadi mudah panas dan kadang nge lag, dan nutup sendiri...

Disini tentu kamu udah nentuin ya, kalo kita akan buat animasi yang seperti apa, karena ini flipaclip bukan software untuk membuat animasi 3D, walau bisa juga jika kamu pinter painting..

flipaclip ini untuk buat animasi frame by frame 2d ya..



2. Membuat Storyboard (sketsa Frame by Frame berdasar scene)


Jadi kita tak perlu detail, kita bisa buat sketsa gerakannya terlebih dahulu, langsung aja di Flipaclip... karena ntar bisa langsung dihapus juga, serta kita bisa memanfaatkan fungsi layer dan Onion.

Hal ini tentu berbeda dengan kalo kalian kerja tim..

Cara ini optimal jika kamu punya projek sendiri dan dikerjakan sendiri.. :)
kalo tim ya, bisa coretan keyframe aja.

e, kenapa per screne, agar gak ngeleg dan lemot perangkatnya.. maklum perangkatnya spek tidak tinggi...




3. Detailkan


Setelah itu kita bisa detailkan frame by frame, btw ini animasi tanpa suara voice over ya, jadi langkahnya akan berbeda jika pakai narasi voice over..

Cuman kalo hanya untuk illustrasi story telling sih, menurut saya oke.

Kalo untuk voice over, sepertinya emang agak kerja ekstra menyamakan lipsingannya...



4. Render/ekspor ke gif atau mp4



Yup, kita bisa render ke mp4, untuk nanti digabungkan jadi satu video untuk tiap scenenya sesuai dengan konsep & naskah yang udah dibuat di awal.

Atau kalo buat animasi gif sih, tinggal ekspor ke gif aja.. hehe, konsep gak perlu panjang panjang.. yang penting bisa loop.. :)




Video Pembahasan Flipaclip

 

Sebenarnya pada beberapa video yang telah kita buat sebelumnya itu menitik beratkan pada pengenalan aplikasi aja ya.. sehingga lebih ke arah teknis aja..

Tetapi di kumpulan video ini, kita mungkin bisa menggabungkan juga pembahasan seputar flipaclip lainnya. Yang jelas untuk halaman ini, khusus untuk menampung video pembahasan series tentang Flipaclip yang telah kita buat.




1#Cara Membuat Animasi di Tablet Android Pakai FlipaClip

 


Pada video ini lebih menitik beratkan pada pengenalan alur pembuatan animasi dasar banget (disini kita coba buat animasi lingkaran) agar lebih cepat untuk videonya..

Yang paling penting adalah pemahaman tentang beberapa tool dasar untuk menggambar frame by frame.

 

Tetapi tidak hanya itu, kita juga bahas tool penting lainnya, sembari praktek langsung.



2#Cara Mewarnai Objek Animasi





Ini merupakan video lanjutan dari part pertama diatas, yaitu lebih membahas tentang pewarnaan objek, dalam membuat animasi video di tablet Samsung P205 menggunakan aplikasi flipaclip.



 

3#Belajar Fitur Animasi Editor FlipaClip + Menghilangkan Watermark 

 


 

 

Ini lebih membahas fitur yang kamu bisa dapatkan ketika kamu dapatkan ketika membeli aplikasi untuk membuka semua fitur. Selain itu di video belajar software animasi di hp menggunakan flipaclip ini, menjelaskan beberapa fitur dan tool yang belum dijelaskan sebelumnya.

 




Kesimpulan


Aplikasi ini sangat cocok buat yang baru belajar buat animasi, terlebih untuk melatih tangan kita saja, kalo untuk penggunaan professional yang dituntut kecepatan kejar tayang, saya rasa agak kesulitan sih, kecuali memang kamu udah professional, atau animator pro...


Karena emang, disini frame by frame... jadi tidak seperti adobe flash atau anime studio yang kadang bisa dibuat otomatis dari keyframe ke keyframe... :)





Semoga bermanfaat..

Mohon maaf jika tak sesuai harapan atau ada kesalahan dalam penyampaian...




[full-width]



Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only